Selasa, 29 Juli 2014

Berita dan Artikel

Joomla Templates and Joomla Extensions by JoomlaVision.Com

LINK EKSTERNAL

jateng

bko



Ditulis oleh Humas dan Protokol    Kamis, 30 Agustus 2012 14:05    PDF Cetak Surel
PASAR RAKYAT SEDIAKAN SERIBU PAKET SEMBAKO MURAH

HUMAS-UNGARAN : Panas sinar matahari yang menyengat siang itu, Kamis (30/8) tidak menyurutkan niat Raji (75), warga Dusun Dampu RT IV/I Kalongan Ungaran Timur untuk antre membeli paket sembako murah. Bersama beberapa tetangganya, pria renta itu rela berpanas-panasan agar dapat membeli paket sembako senilai Rp 50 ribu yang dijual hanya seharga Rp 10 ribu. “Saya menunggu kurang lebih dua jam untuk membeli sembako murah ini,” ujarnya polos.

Salah seorang tetangganya, Tunjiyah (37) juga mengaku senang bisa membeli paket sembako murah. “Terima kasih, sembako murah ini dapat meringankan beban saya untuk mencukupi kebutuhan pokok,” tuturnya.
Pasar Rakyat dan gelar produk unggulan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kabupaten Semarang 2012 yang digelar Dinas Koperasi UMKM Perindustrian dan Perdagangan (Dinkop UMKM Perindag) di alun-alun Sidomulyo Ungaran itu memang menyediakan seribu paket sembako. Warga yang telah memiliki kartu khusus bisa membeli paket sembako murah yang antara lain berisi beras, minyak goring dan mie instan. “Paket sembako itu bantuan dari Kementerian Koperasi dan UMKM RI itu untuk membantu masyarakat memenuhi kebutuhan sehari-hari,” kata Kepala Dinkop UMKM Disperindag Yusuf Ismail saat pembukaan pasar rakyat. Selama empat hari pelaksanaan, 30 Agustus-2 September, setiap hari akan dijual 250 paket sembako murah bagi warga yang telah memiliki kartu khusus.
Pembukaan pasar rakyat dan gelar produk unggulan UMKM dilakukan oleh Bupati H Mundjirin ditandai pelepasan balon ke udara. Bupati dan Ny Hj Bintang Narsasi Mundjirin juga mengawali penjualan paket sembako murah usai pembukaan. Hadir pada acara itu Sekda Anwar Hudaya, para pimpinan SKPD dan undangan lainnya.
Saat sambutan, Bupati H Mundjirin mengharapkan ajang ini menjadi wahana para pelaku UMKM untuk memperluas pangsa pasar. Selain itu juga sebagai arena mempromosikan produk unggulannya. “Para pelaku UMKM harus terus menjaga mutu produknya agar mampu bersaing merebut pasar. Jangan mencederai kepercayaan pembeli dengan berlaku curang menurunkan mutu,” pintanya.
Dikatakan, Pemkab terus berupaya melakukan pembinaan kepada pelaku UMKM di semua skala yang jumlahnya mencapai enam ribu lebih. Salah satunya dengan menggelar arena promosi seperti Pasar Rakyat dan Gelar Produk Unggulan UMKM kali ini.
Ditambahkan oleh Yusuf Ismail, pihaknya berkomitmen menciptakan jejaring pemasaran bagi produk-produk unggulan UMKM Bumi Serasi. Antara lain dengan menyelenggarakan berbagai even pameran. “Selain memperkuat dan memperluas jaring pemasaran, kegiatan semacam ini juga untuk membantu pelaku UMKM meningkatkan mutu produknya,” jelasnya lagi.
Selain puluhan stand pelaku UMKM, pasar rakyat juga menyediakan beberapa stand SKPD yang menampilkan berbagai keberhasilan pembangunan, stand 18 Kecamatan serta stand pelaku pariwisata dan perbankan.(*/junaedi)